6)Akan tetapi, Petrus berkata,"Emas dan perak tidak ada padaku. Tetapi apa yang ada padaku, itulah yang akan kuberikan kepadamu. Dalam nama Isa Al-Masih, orang Nazaret itu, berjalanlah engkau!" 7)Petrus memegang tangan kanannya lalu menolongnya berdiri. Saat itu juga kaki dan mata kakinya menjadi kuat. 8)Ia melompat tinggi-tinggi, lalu berdiri dan mulai berjalan ke sana ke mari. Kemudian ia masuk ke dalam Bait Allah mengikuti Petrus dan Yahya sambil berjalan dan melompat-lompat serta memuji-muji Allah.

(Kisah Para Rasul 3: 6-8, Kitab Suci Injil terj. 1912)





Minggu, 28 Juni 2015

PELAYANAN MASYARAKAT MELALUI BIDANG KESEHATAN



(14 x 21) cm; 372  hlm; Kertas HVO (koran); 2015
ISBN: 978-602-7653-15-3
Harga: Rp 60.000

Diterbitkan atas kerja sama dengan The Siboro Institute



Umat Kristen dipanggil menjadi pelayan masyarakat, untuk meringankan penderitaan akibat dosa dari setiap orang yang kita jumpai. Banyak yang bisa dilakukan untuk meringankan penderitaan tersebut melalui bidang kesehatan. Inilah tugas orang Kristen menurut Yesaya pasal 58. Setiap orang Kristen bisa dan perlu melakukan pelayanan ini secara perorangan.

Pelayanan melalui bidang kesehatan atau disebut juga pelayanan penyembuhan (medis) bukanlah pelayanan yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang berprofesi medis, namun bisa dilakukan oleh semua orang. Pelayanan medis adalah pelayanan yang membawa “kabar baik yang menyembuhkan, memberkati, dan menguatkan.” (Counsels on Health, halaman 533). Definisi yang sangat tegas dan tepat ini langsung mengangkat pelayanan masyarakat melalui bidang kesehatan ini dari konsep sempit pekerjaan medis yang membutuhkan pelatihan khusus.

Pekerjaan misionaris medis memberikan petunjuk dalam prinsip-prinsip hidup sehat, nutrisi, memasak makanan sehat dan pengobatan sederhana; melayani di balai-balai pengobatan gereja, konseling, menolong orang-orang mengatasi masalah mereka, menghibur yang menderita; mengembangkan pengendalian diri atau pertarakan, memelihara dan menyediakan rumah bagi para tunawisma dan orang miskin yang tak berdaya, para janda, anak yang tak punya bapa dan manusia lanjut usia; mengangkat anak-anak, menampung anak-anak yang tidak dikehendaki dan yatim piatu; melayani semua orang dari berbagai jalan kehidupan dengan pekabaran kesembuhan jasmani, pikiran, dan jiwa (rohani).

Orang Kristen akan betul-betul menjadi berkat bagi bangsa dan negara ini jika memenuhi panggilan terhadap pelayanan masyarakat perorangan melalui bidang kesehatan ini.


The Siboro Institute

Tidak ada komentar:

Posting Komentar